Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta Jaminan Hari Tua (JHT) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Langsa

Authors

  • Muthi Dara Arsi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pase Langsa
  • Krisnawati Krisnawati Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pase Langsa

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Peserta, Jaminan Hari Tua

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Peserta Jaminan Hari Tua (JHT) pada pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Langsa dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari faktor bukti fisik, handal, tanggap, jaminan, dan faktor empati terhadap kepuasan para peserta Jaminan Hari Tua (JHT). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta Jaminan Hari Tua (JHT) yang berjumlah 96 orang atau responden. Kualitas pelayanan adalah perbandingan antara pelayanan yang diharapkan peserta dengan pelayanan yang diterimanya, dengan kata lain apabila pelayanan yang diterima dan dirasakan sesuai yang diharapkan maka kuallitas pelayaan dipersepsikan sangat baik dan memuaskan. Sedangkan kepuasan atau ketidakpuasan merupakan sikap terhadap suatu produk atau jasa sebagai hasil dari evaluasi berdasarkan pengalaman setelah menggunakan sebuah produk atau jasa tersebut. Data primer penelitian ini berdasarkan hasil kuesioner, selanjutnya data ditabulasi, digunakan penskalaan dengan skala likert, dianalisis dengan peralatan regresi linear berganda, diuji dengan uji t, uji F, uji koefisien korelasi, dan uji determinasi. Maka dari pengolahan data pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa tanggapan responden menunjukkan responden umumnya setuju dengan Kualitas Pelayanan dapat mempengaruhi Kepuasan Peserta Jaminan Hari Tua (JHT) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Langsa. Hasil pengujian korelasi didapat hubungan antar variabel sangat kuat hal ini membuktikan bahwa kedua variabel dapat dijadikan sebagai variabel dalam suatu penelitian, sedangkan dari hasil uji hipotesis diperoleh kedua variabel berpengaruh positif, hal ini dapat diindikasikan bahwa kualitas pelayanan dapat meningkatkan Kepuasan Peserta, dan dari kelima faktor pada variabel kualitas pelayanan maka faktor yang dominan adalah Bukti Fisik, hal ini dimungkinkan responden/peserta lebih melihat hal-hal yang berkaitan dengan apa yang dirasakan secara langsung secara kasat mata atau secara fisikal. Maka berdasarkan hasil penelitian dan hipotesis yang menyatakan bahwa Diduga Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Jaminan Hari Tua (JHT) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Langsa diterima. Kemudian disarankan kepada pihak perusahaan dalam hal ini Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Langsa untuk lebih meningkatkan lagi pelayanannya agar masyarakat atau peserta lebih mempercayai dan memanfaatkan sungguh-sungguh perusahaan di masa yang akan datang.

Downloads

Published

2022-12-30