Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Samudra pada Mata Kuliah Aljabar Linier
Keywords:
Komunikasi Matematis, Aljabar LinierAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimanakah kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pendidikan matematika universitas samudra pada mata kuliah aljabar linier tahun akademik 2019/2020.Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Program studi pendidikan matematika Universitas Samudra. Subjek dalam penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah aljabar linier tahun akademik 2019/2020 dan berjumlah 27 mahasiswa. Analisis Kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pendidikan matematika universitas samudra pada mata kuliah aljabar linier tahun akademik 2019/2020 berdasarkan hasil rata-rata persetanse indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu (1) dapat menyatakan ide matematik dengan lisan, tulisan, mendemonstrasikan dan menggambarkan dalam bentuk visual, (2) dapat memahami, menginterpretasikan dan menilai ide matematik yang disajikan dalam bentuk tulisan atau visual, serta (3) dapat menggunakan bahasa, notasi dan struktur matematik untuk menyajikan ide, menggambarkan hubungan pembuatan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata persentase indikator 1 yaitu 81,25% termasuk kriteria baik. Rata-rata persentase indikator 2 yaitu 75% termasuk kriteria baik. Rata-rata persentase indikator 3 yaitu 75% termasuk kriteria baik. Rata-rata kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pendidikan matematika universitas samudra pada mata kuliah aljabar linier tahun akademik 2019/2020 dalam kriteria baik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Fadilah Fadilah, Rizki Amalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.