Analisis Kesesuaian antara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Pembelajaran yang Diterapkan di Kelas oleh Guru Matematika di MAN 1 Aceh Tamiang
Keywords:
RPP, Pembelajaran, MatematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Matematika di MAN 1 Aceh Tamiang; (2) menganalisis hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran; serta (3) menganalisis faktor-faktor kendala dalam membuat RPP dan penerapannya di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Aceh Tamiang. Metode Penelitian menggunakan Mixed Method. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan FGD. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) RPP Matematika 60% masih belum original, RPP hasil download atau mengedit dari punya teman. Namun aspek-aspek kegiatan pendahuluan, inti dan penutup sudah dideskripsikan dengan cukup baik; (2) Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan RPP adalah pada kategori Baik yaitu dengan rata-rata 77,5%; serta (3) kendala yang dihadapi guru dalam penerapan pembelajaran matematika sesuai RPP adalah kurangnya motivasi dalam penyusunan RPP sendiri; kurangnya pemahaman cara membuat RPP sesuai dengan kurikulum 2013 serta Jarangnya pelatihan yang diadakan lembaga atau forum-forum kependidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Taufik Nasution, Rizki Amalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.