Deskripsi Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SMK
Keywords:
Pengembangan, Model, Manajemen, Teknologi InformasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses=proses dan langkah-langkah pengembangan model manajemen pelatihan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (tik) untuk meningkatkan kompetensi professional guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini studi keputakaan dengan mengumpulkan informasi dan data dari berbagai sumber referensi seperti jurnal, dokumen, data sekunder, buku-buku dan artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan kajian teori, hasil penelitian bahwa yang dilaksanakan bahwa tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan mutu dan mempertahankan
sumber daya manusia yang kompeten. Pelatihan guru disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Pentingnya pengembangan model menajemen manajemen pelatihan memerlukan proses dan tahapan untuk mencapai tujuan. Pelatihan perlu dikelola oleh organizer pelatihan. Pengelolaan pelatihan secara tepat dan profesional dapat memberikan makna fungsional pelatihan terhadap individu, organisasi maupun masyarakat. Adapun tahapan dalam proses pengembangan manajemen pelatihan berbasis TIK adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan tindaklanjut pasca pelatihan serta hasil pasca pelatihan. Sedangkan model yang digunakan terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation dan
Evaluation.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Fatima Sari Nasution, Irwandi Irwandi, Arif Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.