Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019 <p>Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan merupakan media untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang telah diseminarkan dalam Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra setiap tahun.</p> en-US [email protected] (Adi Bejo Suwardi) [email protected] (Seprianto) Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Variasi morfologi Bunga Kertas (Bougainvillea spectabilis Willd.) di Desa Paya Tampah, Kabupaten Aceh Tamiang https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/101 <p>Tanaman hias &nbsp;merupakan tanaman yang ditanam dan dirawat karena nilai estetiknya, Salah satu tanaman hias yang popular dikalangan masyarakat ialah bunga kertas (<em>Bougainvillea spectabilis</em>). &nbsp;Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman bunga kertas berdasarkan karakteristik dan morfologi di Desa Paya Tampah, Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini telah di lakukan pada bulan November 2023 dengan menggunakan metode <em>purposive sampling</em> dan pengumpulan data dengan metode jelajah. Terdapat 9 jenis bunga kertas yang terdiri dari varigata dan gabra, yang paling popular dengan memiliki keunikan khusus di bagian daun dan seludang.</p> Dewi Apriyanti Copyright (c) 2022 Dewi Apriyanti https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/101 Fri, 17 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Podo Tresno di Jl. Medan - Banda Aceh Pasar 8,5 Tanjung Beringin Kecamatan Hinai - Langkat https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/166 <p>Penelitian ini dilaksanakan padaWarung Podo Tresno Tanjung Beringin Hinai Kabupaten Langkat Sumatera Utara dengan sampel 96 orang konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere atau suasana warung terhadap Keputusan Pembelian. Data primer penelitian ini adalah hasil kuesioner yang selanjutnya dianalisis dan diuji dengan menggunakan peralatan analisis regresi <em>linear</em> sederhana, uji hipotesis dengan uji t, uji F, dan pengujian koefisien korelasi serta pengujian koefisien determinasi. <em>Store atmosphere </em>adalah desain lingkungan melalui komunikasi visual, pencahayaan, warna, musik, dan wangi-wangian untuk merangsang respon emosional dan persepsi pelanggan dan untuk mempengaruhi pelanggan dalam membeli barang, sedangkan keputusan pembelian adalah proses pengintegrasian yang mengkombinasi sikap pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif, dan memilih salah satu diantaranya. Dari hasil penelitian didapatkan identifikasi tanggapan responden setelah dilakukan penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa responden setuju dengan <em>store atmosphere </em>yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, sehingga dapat disimpulkan bahwa responden dalam penelitian inisetuju <em>store atmosphere </em>berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Warung Podo Tresno. Sedangkandari hasil pengujian hipotesis didapatkan bahwa kedua variabel yaitu <em>store atmosphere</em> dan keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan, hal ini dikarenakan suatu keputusan yang dilakukan konsumen timbul disebabkan oleh berbagai variabel termasuk <em>store atmosphere</em>, maka dapat disimpulkan bahwa <em>store atmosphere</em> mempengaruhi keputusan pembelian. Berdasarkan hipotesis bahwa diduga Suasana Toko (<em>Store Atmosphre) </em>Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Warung Podo Tresno Di Jl. Medan – Banda Aceh Pasar 8.5 Tanjung Beringin Kec. Hinai-Langkat diterima, dan disarankan bagi pihak pemilik usaha agar kiranya membuat lebih bagus suasana warungnya dengan menambah berbagai atribut dan penataan yang lebih baik agar konsumen lebih banyak berminat membeli di warungnya.</p> Cindy Andriani Putri, Umar Arifin Copyright (c) 2022 Cindy Andriani Putri, Umar Arifin https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/166 Fri, 17 Nov 2023 00:00:00 +0700 Identifikasi jenis tanaman pangan pada lahan pertanian di Universitas Samudra, Aceh https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/186 <p>Universitas Samudra merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat di Kota Langsa, Aceh, Indonesia. Universitas Samudra juga merupakan salah satu perguruan tinggi di Kota Langsa yang terdiri dari beberapa fakultas yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, FKIP Dan Fakultas Teknik. Salah satu fakultas di Universitas Samudra, yaitu fakultas pertanian memiliki Lahan Pekarangan yang dimanfaatkan untuk menanam jenis-jenis tanaman berupa sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman jenis lainnya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Lahan Pekarangan Pertanian dan keanekaragan jenis tanaman Pangan di Lahan Pertanian Universitas Samudra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi yang dilakukan di Pekarangan Lahan Pertanian, pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Metode Survey Observasi langsung menggunakan aplikasi Picture This dan didapatkan 14 jenis tanaman pangan di Lahan Pertanian Universitas Samudra.</p> Muti Aulia, Adi Bejo Suwardi, Adnan Adnan Copyright (c) 2020 Adnan Adnan https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/186 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0700 Pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kinerja dosen Prodi Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/64 <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utuk mengetahui perngaruh latar belakang pendidikan terhadap kinerja dosen. Penelitian ini menggunakan responden penelitian sebanyak 75 responden. Metode analisis data menggunakan persamaan regresi linier sederhana, koefisien korelasi (R), koefisien determinasi (R<sup>2</sup>), dan uji t. Komitmen kerja adalah latar belakang pendidikan adalah suatu proses, teknik, dan metode belajar mengajar dengan maksud mentrasfer suatu pengetahuan diri seseorang kepada orang lain melalui prosedur yang sistematis dan terorganisir. Kinerja merupakan hasil yang telah dicapai dari yang telah dilakukan, dikerjakan seseorang dalam melaksanakan kerja atau tugas. Hasil penelitian, rata-rata tanggapan atas pernyataan yang diajukan berkaitan dengan latar belakang pendidikan sebesar 3, artinya seluruh pernyataan yang diajukan mengenai latar belakang pendidikan secara keseluruhan disetujui dosen dan demikian kinerja sebesar 3, secara keseluruhan pernyataan mengenai kinerja netral oleh dosen Poltekkes Kemenkes Aceh. Hasil persamaan regresi linier sederhana diperoleh Y = 0,875 + 0,768X. Konstanta sebesar 0,875 adalah kinerja sebelum dipengaruhi oleh variabel latar belakang pendidiak. Kemudian koefisien regresi sebesar 0,768X, menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan berpengaruh positif terhadap kinerja dosen dan bila latar belakang pendidikan meningkat satu satuan maka akan meningkatkan kinerja sebesar 0,768. Hasil uji t hitung &gt; t tabel (9,178 &gt; 1,993) dan dapat dinyatakan bahwa latar belakang pendidikan berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen Prodi Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh. Hipotesis yang menyatakan diduga latar belakang pendidikan berpengaruh terhadap kinerja dosen Prodi Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh, dapat diterima.</p> Agustina Agustina, Karnelis Karnelis Copyright (c) 2022 Agustina Agustina, Karnelis Karnelis https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/64 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0700 Impacts of organizational culture, locus of control, job satisfaction on teachers’ job performance in Private Primary School https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/3 <p><em>The perception of Job satisfaction has a different meaning for each employee (Teacher), and it makes the meaning of Job Satisfaction increasingly difficult to explain. Some people are easily satisfied with their work but the other hand, some people complain of their job satisfaction. The aim of this study is to find out the influences of Organizational Culture, Personal Ability, Emotional Intellegent on Teachers’ Job Satisfaction.The total sample of 150 teachers was selected using the Kreijcie and Morgan table and Private Primary teachers in Medan, North Sumatera were involved in the research. Proportional Random Sampling was used to determine the selected data. Path Analysis was used to test the hypotheses after fulfill the Normality and Linearity test.&nbsp; The findings show that organizational cultures directly influence the personality ability and emotional intellegent. As a conclusion, this study demonstrates that Teachers’ Job Satisfaction was directly influenced by Orgnizational culture, Personal Ability and Emotional Intellegent. It is hope that through this study, the Teacher Job Satisfaction can be improved and can be applied as strategic planning to increase the ability of human resources.</em></p> Riska Sari Nasution, Nur cahaya Lubis, Emalia Rosellin Br Sembiring Copyright (c) 2023 Riska Sari Nasution, Nur cahaya Lubis, Emalia Rosellin Br Sembiring https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/3 Sat, 31 Dec 2022 00:00:00 +0700 Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai: Studi kasus pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana kabupaten Aceh Tamiang https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/65 <p>Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga berencana Kabupaten Aceh Tamiang merupakan salah saatu organisasi perangkat daerah Kabupaten Aceh Tamiang yang memiliki Aparatur Sipil Negara. Dalam penelitian ini yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Penelitian ini menggunakan sample sebanyak 54 responden yang merupakan Aparatur Sipil Negara dengan teknik sampling menggunakan sampling jenuh. Peralatan analisis yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan persamaan regresi linier sederhana, uji koefisien korelasi dan koefisien determinsi serta uji t. Hasil penelitian diperoleh tanggapan responden mengenai lingkungan kerja dengan rata-rata 4 atau dalam skala likert adalah setuju, dengan demikian maka setiap pernyataan lingkungan kerja setuju oleh pegawai. Sementara pada kinerja diperoleh rata-rata nilai 3,94 atau dalam skala likert adalah netral dan dapat dinyatakan setiap pernyataan kinerja ditanggapi netral oleh pegawai. Hasil persamaan regresi linier diperoleh Y = 1,076 + 0,718X, konstanta 1,076 merupakan kinerja sebelum dipengaruhi oleh lingkungan kerja, kemudian koefisien regresi 0,718X menunjukkan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai.Hasil uji koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,776 atau mendekati +1 sehingga dapat dinyatakan bahwa lingkungan kerja memiliki hubungan yang kuat terhadap kinerja. Hasil uji koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) sebesar 60,2% variable lingkungan kerja mempengaruhi kinerja pegawai. Hasil uji t thitung &gt; t tabel (8,869 &gt; 2,006) dan dapat dinyatakan bahwalingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dan hipotesis penelitian dapat diterima.</p> Bina Rosa, Karnelis Karnelis Copyright (c) 2022 Bina Rosa, Karnelis Karnelis https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/65 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0700 Pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap keputusan penggunaan jasa Atamtech di Kota Langsa https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/66 <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahaan terhadap keputusan penggunaan jasa Atamtech di Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan responden penelitian sebanyak 50 orang. Metode analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda, koefisien determinasi (R<sup>2</sup>), dan uji t serta uji F. Persepsi manfaat adalah sebagai suatu tingkatan dimana seseorang percaya bahwa dengan mengunakan suatu teknologi akan mampu meningkatkan kinerja dalam bekerja. Pesepsi kemudahan didefinisikan sebagai tingkat dimana seseorang meyakini bahwa penggunaan teknologi informasi merupakan hal yang mudah dan tidak memerlukan usaha keras dari pemakainya. keputusan penggunaan&nbsp; melibatkan pilihan diantara dua atau lebih alaternatif (atau perilaku). Keputusan selalu mensyaratkan pilihan diantara beberapa perilaku yang berbeda. Hasil penelitian diketahui bahwa pernyataan pada persepsi manfaat diperoleh pernyataan persepsi manfaat disetujui oleh responden. Pada variabel persepsi kemudahan diperoleh peryataan persepsi kemudahan disetujui oleh responden. sementara pada variabel keputusan penggunaan diperoleh semua pernyataan tentang keputusan penggunaan ditanggapi netral oleh responden. Hasil uji persamaan regresi linier berganda diketahui bahwa persepsi manfaat dan kemudahan berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan aplikasi Atamtech. Hasil uji koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) diperoleh sebesar 51,2% variabel persepsi manfaat dan persepsi kemudahan mempengaruhi keputusan keputusan penggunaan. Hasil uji t diketahui persepsi manfaat dan persepsi kemudahan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan, dan hasil uji F secara simultan persepsi manfaat dan persepsi kemudahan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan, dengan demikian maka hipotesis dapat diterima.</p> Dausson Dausson, Junita Safitri Copyright (c) 2022 Dausson Dausson, Junita Safitri https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/66 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0700 Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah tabungan wadiah PT. Bank Syariah Indonesia kantor cabang pembantu Kejuruan Muda Aceh Tamiang https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/68 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) terhadap kepuasan nasabah tabungan wadiah. Penelitian menggunakan 98 responden dan metode analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda uji koefisien determinasi dan uji t serta uji F. Kualitas pelayanan ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang diberikan mampu sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang diarasakan dibandingkan dengan harapannya. Hasil penelitian menunjukkan pada variable kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah ditanggapai responden secara umum dengan tanggapan netral, hal ini diketahui dari rata-rata tanggapan antara 3 dan dalam skala likert adalah netral. Hasil persamaan regresi linier bergandaY = -0,628 + 0,212X<sub>1</sub> + 0,303X<sub>2 </sub>+ 0,357X<sub>3 </sub>+ 0,407X<sub>4</sub> + 0,253X<sub>5</sub>, koefisien regresi secara keseluruhan untuk kualitas pelayanan yang terdiri dari reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah tabungan wadiah. Hasil uji koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) diperoleh sebesar 0,733 atau73,3% kualitas pelayanan berupa reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik mempengaruhi kepuasan nasabah dan sisanya sebesar 26,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Hasil uji t untuk kualitas pelayanan terdiri dari reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hasil uji F diperoleh F hitung &gt; F tabel (54,247&gt; 2,31), kualitas pelayanan yang terdiri dari reliability, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.</p> Elviana Elviana, Yulina Astuti Copyright (c) 2022 Elviana Elviana, Yulina Astuti https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/68 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0700 Pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT. Sisirau Aceh Tamiang https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/69 <p>Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan.Penelitian menggunakan data primer dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan pada 52 responden penelitian.Peralatan analisis data menggunakan regresi linier sederhana, uji kofisien determinasi (R<sup>2</sup>) dan uji t. Kompensasi adalah setiap bentuk pembayaran yang diberikan kepada karyawan sebagai pertukaran pekerjaan yang mereka berikan kepada majikan.Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas&nbsp; yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya. Hasil penelitian dapat diidentifikasi bahwa kompensasi ditanggapi setuju oleh responden penelitian dan diperoleh rata-rata tanggapan sebesar 4. Pada variabel kinerja karyawan ditanggapi netral oleh responden dan diperoleh rata-rata tanggapan sebesar 3,9. Hasil persamaan regresi diperoleh Y = 1,199 + 0,929X, konstanta sebesar 1,199 adalah kinerja sebelum dipengaruhi oleh variabel kompensasi. Kemudian koefisien regresi sebesar 0,929X, menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dan bila kompensasi meningkat satu skala maka akan meningkatkan kinerja sebesar 0,929. Nilai koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) pada kolom <em>R Square</em> sebesar 0,714. Nilai koefisien determinasi tersebut menunjukkan sebesar 71,4% variabel kompensasi dapat menjelaskan variabel kinerja karyawan pada PT Sisirau Aceh Tamiang dan sisanya sebesar 28,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini, seperti kepemimpinan, disiplin dan lingkungan kerja. Hipotesis yang menyatakan diduga kompensasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Sisirau Aceh Tamiang, dapat diterima.</p> Supra Yoga, Krisnawati Krisnawati Copyright (c) 2022 Supra Yoga, Krisnawati Krisnawati https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/69 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0700 Inventarisasi tanaman hias pada pekarangan rumah di desa Meurandeh Dayah, Kecamatan Langsa Lama, Aceh https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/84 <p>Tanaman pekarangan rumah di desa Meurandeh Dayah sangat beragam jenisnya, terutama tanaman hias. Tanaman hias sering digunakan untuk menambah nilai estetika dan kecantikan pada suatu tempat, Tanaman hias dapat dikelompokan menjadi 5, yaitu tanaman hias buah, tanaman hias bunga, tanaman hias daun, tanaman hias batang dan tanaman hias akar. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis tanaman hias pekarangan rumah di Desa Meurandeh Dayah, Kecamatan Langsa Lama, kota Langsa Aceh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Metode penyajian data dilakukan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 26 jenis dari 10 suku (famili) tanaman hias di pekarangan. Tanaman hias di Desa Meurandeh Dayah dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu tanaman hias bunga sebanyak 3 jenis, tanaman hias daun sebanyak 22 jenis dan tanaman hias batang sebanyak 1 jenis.</p> Sahna Maulana Sitakar, Adi Bejo Suwardi Copyright (c) 2022 Sahna Maulana Sitakar https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/84 Fri, 17 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta Jaminan Hari Tua (JHT) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Langsa https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/80 <p>Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Peserta Jaminan Hari Tua (JHT) pada pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Langsa dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari faktor bukti fisik, handal, tanggap, jaminan, dan faktor empati terhadap kepuasan para peserta Jaminan Hari Tua (JHT). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta Jaminan Hari Tua (JHT) yang berjumlah 96 orang atau responden. Kualitas pelayanan adalah perbandingan antara pelayanan yang diharapkan peserta dengan pelayanan yang diterimanya, dengan kata lain apabila pelayanan yang diterima dan dirasakan sesuai yang diharapkan maka kuallitas pelayaan dipersepsikan sangat baik dan memuaskan. Sedangkan kepuasan atau ketidakpuasan merupakan sikap terhadap suatu produk atau jasa sebagai hasil dari evaluasi berdasarkan pengalaman setelah menggunakan sebuah produk atau jasa tersebut. Data primer penelitian ini berdasarkan hasil kuesioner, selanjutnya data ditabulasi, digunakan penskalaan dengan skala likert, dianalisis dengan peralatan regresi linear berganda, diuji dengan uji t, uji F, uji koefisien korelasi, dan uji determinasi. Maka dari pengolahan data pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa tanggapan responden menunjukkan responden umumnya setuju dengan Kualitas Pelayanan dapat mempengaruhi Kepuasan Peserta Jaminan Hari Tua (JHT) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Langsa. Hasil pengujian korelasi didapat hubungan antar variabel sangat kuat hal ini membuktikan bahwa kedua variabel dapat dijadikan sebagai variabel dalam suatu penelitian, sedangkan dari hasil uji hipotesis diperoleh kedua variabel berpengaruh positif, hal ini dapat diindikasikan bahwa kualitas pelayanan dapat meningkatkan Kepuasan Peserta, dan dari kelima faktor pada variabel kualitas pelayanan maka faktor yang dominan adalah Bukti Fisik, hal ini dimungkinkan responden/peserta lebih melihat hal-hal yang berkaitan dengan apa yang dirasakan secara langsung secara kasat mata atau secara fisikal. Maka berdasarkan hasil penelitian dan hipotesis yang menyatakan bahwa Diduga Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Jaminan Hari Tua (JHT) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Langsa diterima. Kemudian disarankan kepada pihak perusahaan dalam hal ini Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Langsa untuk lebih meningkatkan lagi pelayanannya agar masyarakat atau peserta lebih mempercayai dan memanfaatkan sungguh-sungguh perusahaan di masa yang akan datang.</p> Muthi Dara Arsi, Krisnawati Krisnawati Copyright (c) 2022 Muthi Dara Arsi, Krisnawati Krisnawati https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/80 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0700 Inventarisasi tumbuhan pekarangan yang berpotensi sebagai obat-obatan di desa Tangsi Lama Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/185 <p>Tumbuhan merupakan keanekaragaman hayati yang menjadikan indonesia memiliki kekayaan alam terbesar urutan kedua di dunia. Desa Tangsi Lama Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang ialah desa yang memiliki pekarangan yag luas sehingga masyarakat menggunakan lahan tersebut untuk menanam berbagai jenis tumbuhan yang berpotensi sebagai obat-obatan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis – jenis Tumbuhan Berkhasiat Obat di sekitar pekarangan, bagian tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai obat, dan jenis penyakit yang dapat diobati. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan november 2023. Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif dan metode observasi wawancara dengan masyarakat setempat. Tumbuhan yang ditemukan oleh penulis di Desa Tangsi Lama, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang terdapat sebanyak 19 spesies.</p> Fatia Azzahra, Adi Bejo Suwardi, Muhammad Jamil Copyright (c) 2020 Adnan Adnan https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/185 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0700