Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences sebagai penguatan gerakan literasi sekolah
Keywords:
pembelajaran, multiple intelligences, gerakan literasi sekolahAbstract
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan program gerakan penumbuhan budi pekerti yang diharapkanimplementasinya mampu membentuk ekosistem sekolah yang literat dan sebagai penguatan guruan karakter.Pembelajaran berbasis multiple intelligences ini dapat memberikan kebebasan siswa untuk berkreasi danmemanfaatkan kecerdasan majemuk yang dimiliki guna mengembangkan keterampilan literasinya sehinggadiharapkan mampu memberikan inovasi baru dan sebagai alternatif guru dalam menerapkan penguatan GLS diSD sehingga tujuan program GLS menjadi lebih optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahanalisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis multipleintelligences dapat meningkatkan kreatifitas dan sikap siswa. Peneliti menggunakan penilaian sikap pada prosespembelajaran diantaranya penilaian sikap disiplin, kreatif, komunikatif dan toleransi. Siswa menjadi lebih bebasmengekspresikan kemampuannya dan mampu memunculkan potensi yang dimilikinya sehingga pembelajaran didalam kelas menjadi aktif dan tidak membosankan. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasismultiple intelligences dapat diterapkan sebagai penguatan Gerakan Literasi Sekolah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Devy Riri Yuliyani, Dian Ikawati Rahayuningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.







