Deskripsi Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Berbasis Mutu di SMK Swasta Harapan Stabat

Authors

  • Muhammad Rizqi Febri Hamdani Universitas Negeri Medan
  • Arif Rahman Universitas Negeri Medan
  • Yuniarto Mudjisusatyo Universitas Negeri Medan

Keywords:

Pengelolaan, Sarana, Prasarana, Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis mutu di SMK Swasta Harapan Stabat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMK swasta Harapan Stabat, Kabupaten langkat, Sumatera Utara. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Sarana dan Prasarana, dan Guru. Sedangkan obyek penelitiannya yaitu yang memiliki keterkaitan mengenai pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis mutu di SMK Swasta Harapan Stabat. Dalam penelitian ini, prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini memnemukan bahwa SMK Harapan Stabat masih memiliki keterbatasan dalam pemenuhan standar sarana dan prasarana, salah satu contohnya adalah disetiap kelas tidak memiliki perabot dan media pembelajaran yang mencukupi. Permasalahan selanjutnya adalah terletak pada pemeliharaan serta pengadaannya belum optimal, terutama dalam pemanfaatan sarana dan prasarana yang belum sepenuhnya bisa dimanfaatkan oleh semua pihak yang memakai sarana dan prasarana pembelajaran tersebut, sehingga ada beberapa sarana dan prasarana yang masuk dalam kategori sudah tidak layak pakai. Salah satu pengadaan yang belum optimal, misalnya masing-masing kelas belum memiliki lemari untuk penyimpanan barang kelas.

Downloads

Published

2020-12-30